Kegiatan JELAJAH NUSA DI DIENG KAB. WONOSOBO TAHUN 2018

0
2499

Pramuka SMAN 1 DOLOPO AMBALAN BRAWIJAYA RETNO DUMILAH

Setelah kegiatan selesai kami generasi 32 dan senior angkatan 31 akan mengadakan kegiatan JN,bisa diartikan Jelajah Nusa. Setelah melakukan rapat kami setuju kita akan mengadakan kegiatan JN di Gunung Dieng kab. Wonosobo, objek wisata kita ada tiga yaitu pertama kita mengunjungi candi Arjuna ,setelah itu kami ke kawah Sikidang setelah itu kita ke Telaga Warna , kami disini tidak hanya jalan jalan saja , tetapi kita mengamati apa yang kita lihat sebagai ilmu yang bermanfaat.

Berikut destinasi perjalanan kita dan penjelasannya

1.Candi Arjuna

Dataran Tinggi Dieng memiliki kawasan candi yang sangat luas. Diperkirakan, candi-candi yang terdapat di kawasan ini menempati area seluas 90 hektare. Hanya saja, baru sebagian kecil dari candi-candi tersebut sudah selesai direstorasi. Dari sekian banyak candi yang ada Dataran Tinggi Dieng, Kompleks Candi Arjuna merupakan yang terluas.

Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Kompleks Candi Arjuna memiliki luas sekitar 1 hektare. Di kompleks ini, terdapat lima bangunan candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Selain Candi Semar, keempat candi lain merupakan candi utama yang digunakan sebagai tempat bersembahyang.

2.Telaga Warna

Romantisme yang tersembunyi, mungkin itu yang paling tepat untuk menggambarkan keadaan telaga warna. Telaga ini dikelilingi oleh gugusan beberapa bukit  dan masuk dikawasan cagar alam atau balai konservasi, telaga ini didominasi warna hijau agak tua, hijau muda dan gradasi sampai agak coklat, Untuk masuk di lokasi ini pengunjung dapat melewati gerbang yang didesain natural dengan tempelan batu-batu alam, setelah masuk melewati  jalan yang sampingnya dipenuhi dengan bunga hortensia pengunjung dapat memilih jalan lurus yang sudah diperkeras dengan paving blok,  berjalan disisi telaga ini dengan naungan pohon akasia yang mendominasi tepian telaga, aroma bunga mimoza mengharumkan suasana dan menjadi penyegar nafas siapa saja yang berkunjung kesana.

3. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang Dieng termasuk obyek wisata unggulan Dieng yang wajib dikunjungi. Di antara kawah-kawah lainnya di Dieng, Kawah Sikidang adalah yang paling mudah dicapai dan dinikmati karena terletak di tanah datar. Kawah Sikidang Dieng juga terkenal dengan fenomena kolam kawahnya yang bisa berpindah atau melompat dalam satu kawasan yang luas. Itulah sebabnya Kawah Sikidang menjadi salah satu dari banyak kawah di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang paling diminati. Tiap minggu wisatawan berbondong-bondong menyaksikan aktivitas vulkanik yang dengan mudah bisa disaksikan langsung.

(BRD/25)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY