WORKSHOP PEMBUATAN SOAL CBT GURU SMAN 1 DOLOPO

0
853

Beberapa tahun terakhir hampir semua ujian telah meninggalkan kertas sebagai medianya. CBT (Computer Based Test) atau sering disebut ujian online menjadi penggantinya. Dimulai dari UNBK yang telah dicanangkan pemerintah mulai 2016 yang lalu, diikuti USBN yang juga menyusul menggunakan metode CBT. Dengan adanya tuntutan tersebut, sekolah diwajibkan untuk melatih peserta didiknya untuk mengerjakan soal-soal ulangan dan ujian berbasis komputer. Mulai dari ulangan harian hingga ulangan semester (penilaian akhir tahun).

Sebagai akibatnya, guru-guru dituntut harus bisa membuat soal-soal dalam bentuk CBT untuk dipraktikkan ke berbagai macam penilaian dan sekaligus latihan ujian menggunakan komputer, sehingga peserta didik akan terbiasa.

Untuk itulah pada hari Jumat, 25 Januari 2019, SMA Negeri 1 Dolopo mengadakan pelatihan bagi guru untuk membuat soal dalam format CBT. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh bapak Anim Hadisusanto, S.Pd., M.Pd. selaku kepala SMA Negeri 1 Dolopo.

Pada awalnya, kegiatan ini sebenarnya hanya ditujukan untuk guru pengampu Bimbingan Intensif kelas XII saja, tetapi ternyata guru-guru lain mempunyai keinginan yang sangat besar untuk mengikuti pelatihan ini. Alhasil ruang guru masih sangat sibuk setelah jam pelajaran terakhir selesai.

Bapak Anim dengan sangat antusias menjelaskan langkah demi langkah pembuatan soal CBT kepada para peserta yang disambut dengan semangat yang tinggi dari guru-guru untuk ingin bisa dan mampu membuat soal-soal CBT.

Tentu saja dalam pelatihan perdana ini masih banyak guru yang masih agak asing dengan istilah dan menu-menu aplikasi yang memang baru diperkenalkan. Tetapi hal itu tidak mengurangi antusiasme untuk terus mencoba hingga selesai.

Bapak Kepala Sekolah sangat berharap dengan adanya pelatihan perdana ini, guru-guru akan terus belajar dan berkarya sehingga menghasilkan soal-soal CBT yang berkualitas. Bisa karena biasa, demikian wejangan beliau.

Akhirnya kegiatan ditutup menjelang pukul 17.00 dengan disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta. Semoga apa yang dilakukan guru-guru SMA Negeri 1 Dolopo di bawah bimbingan bapak Kepala Sekolah hari ini, mendapat ridho dari Alloh SWT dan bermanfaat untuk para peserta didiknya, masyarakat, bangsa dan negara. Amin ya robbal alamin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY