Terampilnya Siswa-Siswi SMAN 1 Dolopo Mempresentasikan Materi Menggunakan Bahasa Inggris

1
408

Presentasi Siswa-Siswi Kelas X MIA 2 dan XI MIA 1 dalam Mapel Bahasa dan Sastra Inggris

Kemampuan berbicara di depan umum sangat perlu untuk dikuasai siswa. Salah satu cara untuk melatih siswa agar mampu berbicara dengan baik di depan publik adalah dengan metode presentasi. Akan tetapi, untuk mampu berpresentasi dengan baik bukanlah hal yang cukup mudah. Apalagi, apabila harus diterapkan untuk pembelajaran mata pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Dolopo. Alih-alih menampilkan presentasi yang menarik dan materi yang sesuai, siswa hanya akan membaca dan berbicara dengan rasa yang kurang percaya diri.

Pembekalan tentang pemilihan materi yang akan dipresentasikan dan metode bagaimana presentasi dengan baik dan menarik menggunakan bahasa Inggris, perlu disampaikan secara detail. Dengan begitu, siswa akan merasa mempunyai bekal yang cukup untuk menentukan inti materi yang harus ditulis dalam power point. Siswa pun akan mampu menjelaskan materi tersebut kepada audiens secara menarik dan rileks dengan improvisasi yang tepat.
Sesuai dengan kaidah yang ada bahwasanya dalam program power point seharusnya yang ditampilkan adalah poin-poin atau inti dari suatu materi. Tugas seorang penyaji adalah mengembangkannya secara lisan di depan audiens. Sementara fenomena yang terjadi sampai saat ini, yang dilakukan oleh siswa hanyalah menyalin penjelasan-penjelasan yang sangat panjang dari program Microsoft Words yang kemudian materi tersebut hanya sekedar dibacakan tanpa adanya improvisasi.

Terbukti dengan pemodelan yang diberikan oleh guru dan metode-metode yang dijelaskan, siswa-siswi kelas X dan XI mampu menampilkan presentasi menggunakan bahasa Inggris dengan materi sesuai dengan KD yang sedang dipelajari dengan baik dan komunikatif. Mereka terlatih untuk menentukan kata kunci dan ide pokok dari penjelasan yang ditampilkan dalam slide. Keterampilan ini juga tak kalah penting untuk dikuasai siswa. Apabila mereka sudah mahir menentukan inti suatu materi, maka siswa akan lebih mudah baik dalam mempelajari, mengingat, bahkan mengembangkannya.

Kreatifitas siswa-siswi untuk menampilkan sebuah presentasi kelompok yang menarik, rileks, menyenangkan, dan komunikatif terbukti bisa dilakukan dengan baik. Walaupun masih ada sedikit kekurangan dari segi keterampilan berbahasa dan penguasaan tata bahasa, hal tersebut bukanlah merupakan kendala yang berarti dalam sebuah latihan presentasi berbahasa Inggris untuk level mereka. Karena, barometer kesuksesan presentasi bahasa Inggris siswa SMA adalah tujuan presentasi tercapai, atensi positif dari audiens, dan interaksi dengan audiens; yang mana semua itu menggunakan bahasa Inggris dengan sebaik-baiknya. (Rindang)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY