PERWAKILAN PRAMUKA SMA NEGERI 1 DOLOPO DALAM KEGIATAN FWKKP 2019

0
129

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka (FWKKP) adalah salah satu kegiatan Kepramukaan bagi kalangan Pramuka Penggalang, Penegak, maupun Pandega. Kegiatan FWKKP merupakan kegiatan Bakti Pengecatan untuk masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini diharapkan untuk bisa menjalin keakraban antara pramuka bersama masyarakat.

Pengamalan dari Kode Kehormatan Pramuka merupakan kewajiban bagi setiap anggota Gerakan Pramuka dalam bermasyarakat. Kode Kehormatan Pramuka Penegak yang berada didalam penggalan Tri Satya Penegak yang berbunyi, “Ikut serta membangun masyarakat” harus dilaksanakan secara konkret bagi setiap Pramuka Penegak. Bukti nyata bagi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur dalam pembangunan masyarakat, yaitu dengan mengadakan kegiatan berjenis Perkemahan Wirakarya ini.

Mengetahui adanya kegiatan tersebut , SMAN 1 DOLOPO tidak mau ketinggalan untuk ikut serta dalam mensukseskan kegiatan kemasyarakatan ini. Pramuka SMAN 1 DOLOPO mendelegasikan perwakilannya dari kelas 11 (DEWAN AMBALAN) sebanyak 8 orang siswa dan siswi. Diantaranya adalah kak Yosefan D P, kak Fitto F J, kak Rino A S, kak M Ihsan Ulum, kak Hanif Y P, kak Oktavia T P, kak Wigi A R, kak Natza Dewi.

Dalam kegiatan tersebut sangat banyak pengalaman yang didapat oleh para peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir (FWKKP) Pramuka 2019. Dalam kegiatan ini, para peserta diajarkan kedisiplinan, dan juga mendapatkan nilai-nilai kebersamaan yang jarang sekali terjalin antar satu dengan yang lain, bahkan peserta datang dari berbagai daerah.

Selama mengikuti kegiatan tersebut, peserta belajar untuk mengabdi dan berbaur dengan warga sekitar dengan cara mengecat rumah-rumah warga dan fasum (fasilitas umum) yang ada di Masyarakat. Pada malam harinya terdapat kegiatan pentas seni bagi para panitia maupun peserta. Melalui kegiatan pentas seni ini para panitia atau peserta dapat menyalurkan bakat dan minat mereka untuk ditampilkan.

Hasil yang dapat dirasakan dari mengikuti kegiatan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka(FWKKP) adalah memberi banyak pengalaman baru serta mengembangkan potensi masyarakat agar dapat lebih peduli terhadap lingkungannya, serta menanamkan jiwa gotong-royong pada Pramuka Penggalang, Penegak serta Pramuka Pandega. Kita sebagai masyarakat seharusnya selalu sadar dan menjaga lingkungan kita, peduli dengan lingkungan kita, dan sebagai makhluk sosial kita juga harus menanamkan jiwa gotong-royong serta menumbuhkan jiwa kemanusiaan yang tinggi.

(BRD/25)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY