In House Training Pemantapan Pembelajaran Dan Penilaian Menuju Sukses Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Dolopo Tahun 2019

0
135

Ahir pekan ini SMA Negeri 1 Dolopo punya gawe berupa In House Training (IHT) yang dimulai pada hari Jumat, 19 April 2019 sampai Sabtu, 20 April 2019 bertempat di Laboratorium Biologi. Walau hari itu bertepatan dengan hari libur (tanggal merah), tetapi kegiatan tetap berlangsung mulai pagi hingga selesai di sore harinya.

Bapak Kepala Sekolah sangat mengapresiasi semangat bapak ibu guru sebagai peserta IHT tersebut, ditambah pujian oleh pak Nyono sebagai pengawas pembina, Cabang Dinas Wilayah Madiun yang juga sangat bangga karena bapak ibu guru bersedia mengikuti kegiatan IHT untuk kemajuan SMA Negeri 1 Dolopo

Kegiatan inti dibimbing oleh ibu Dr. Ninik Kristiani, M.Pd. dari Malang sebagai narasumber utama. Beliau dengan senang hati membagi ilmu dan pengalamannya kepada bapak ibu guru peserta IHT. Ibu Ninik dengan kepiawaiannya membimbing peserta IHT melalui cerita-cerita ringan, baik itu cerita pengalaman pribadi, pengalaman teman maupun cerita yang memang dibangun untuk menumbuhkan kreatifitas peserta IHT.

IHT dikemas secara ringkas karena keterbatasan waktu yang hanya dua hari tetapi tetap tepat sasaran, terutama bagaimana trik pembuatan RPP yang baik dan benar serta benar-benar dapat dilaksanakan di kelas masing-masing. Ibu Ninik dengan sangat telaten membimbing peserta IHT secara berkelompok maupun individu apabila peserta memang mengalami kesulitan. Beliau juga memberi contoh yang sangat mudah dipahami dan dilaksanakan.

Bapak Ibu guru SMA Negeri 1 Dolopo sebagai peserta IHT sangat bersemangat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan serta pendapat yang diajukan kepada narasumber berkaitan dengan proses pembelajaran yang selama ini dilakukan di kelas masing-masing. Ibu Ninik sebagai narasumber sangat senang menanggapi berbagai macam pertanyaan dan pendapat tersebut, yang menandakan kegiatan IHT berlangsung dengan sangat komunikatif, tidak pasif hanya narasumbernya saja yang memberi ceramah.

Hari ke dua IHT peserta diminta untuk membuat potongan RPP yang bersumber dari silabus masing-masing mata pelajaran, KI dan KD mengacu ke Permendikbud terbaru nomor 37 tahun 2018. RPP disusun dengan memperhatikan arahan dan contoh dari narasumber. Dengan demikian, mulai saat ini diharapkan pembuatan RPP tiap mata pelajaran tidak lagi hanya menyalin dari tempat lain, tetapi benar-benar membuat dan dapat dilaksanakan di kelas masing-masing.

Bapak Ibu guru SMA Negeri 1 Dolopo HEBAT SEMUA !!!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY