PENILAIAN AKHIR TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019 SMA NEGERI 1 DOLOPO

2
258

Tidak terasa tahun pelajaran 2018 – 2019 sudah sampai pada minggu-minggu terakhir. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan akhir tahun ditutup dengan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang dijadwalkan mulai tanggal 13 Mei 2019 sampai dengan tanggal 23 Mei 2019.

Kegiatan PAT kali ini dilaksanakan dengan nuansa yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Peserta ujian mengerjakan soal-soal yang telah dibuat oleh bapak ibu guru dengan menggunakan laptop, tab atau smartphone masing-masing di ruang kelas. Tentu saja soal dan jawaban yang ditampilkan akan diacak oleh sistem, sehingga peserta akan memperoleh tampilan soal dan jawaban yang berbeda. Waktunya pun sudah diatur oleh sistem, jika waktu habis, tampilan soal akan menutup secara otomatis, sehingga peserta harus pandai-pandai mengatur waktu dalam mengerjakan soal.

Peserta ujian berjumlah 447 peserta terdiri atas kelas X berjumlah 227 peserta dan kelas XI berjumlah 220 peserta terbagi menjadi 2 sesi, pagi dan siang menempati 8 ruang ujian yang telah dilengkapi dengan Unifi untuk memancarkan sinyal WiFi dari server ujian. Seluruh peserta tampak sangat bersemangat walaupun kegiatan PAT berlangsung pada saat bulan Ramadhan 1440 H. Hari pertama pelaksanaan masih ada beberapa peserta yang masih kelihatan canggung menggunakan aplikasinya, tetapi tidak berlangsung lama, mereka segera bisa beradaptasi. Bapak dan ibu guru yang bertugas sebagai pengawas ruang juga tidak kalah semangatnya dalam menjalankan tugasnya. Alhamdulillah, hari berikutnya sudah tidak ditemukan lagi peserta yang bingung dengan metode ujian.

Bapak Anim Hadisusanto, S.Pd., M.Pd. sebagai Kepala SMA Negeri 1 Dolopo mengharapkan agar pelaksanaan PAT kali ini selain berbeda metodenya, juga berbeda dalam pengawasannya. Beliau berpesan kepada bapak dan ibu guru yang bertugas sebagai pengawas ruang agar benar-benar mengawasi peserta dalam mengerjakan soal-soal PAT, sehingga hasilnya memang benar-benar menunjukkan kemampuan setiap peserta PAT. Peserta yang tidak jujur dalam mengerjakan PAT akan langsung dikeluarkan dari ruang ujian dan mengerjakan di luar ruangan. Peserta yang datang terlambat juga akan dipersilakan mengerjakan soal di tempat tersendiri. SMA Negeri 1 Dolopo berusaha menananmkan karakter disiplin, kerja keras dan jujur dalam setiap proses pembelajaran termasuk dalam pelaksanaan ujian. Nilai memang penting, tetapi kejujuran adalah yang utama. Nilai PAT yang diperoleh peserta akan dimasukkan ke rapor sebagai salah satu aspek penilaian bersama-sama dengan penilaian harian lainnya. Nilai rapor yang diperoleh dengan cara yang jujur dan benar-benar hasil kerja keras peserta didik akan menjadi modal dan tolok ukur jika mereka akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi nantinya.

Semoga dengan kerja keras, iklas dan cerdas seluruh civitas akademika, SMA Negeri 1 Dolopo semakin maju dalam beriman, bertaqwa, berilmu pengetahuan dan berteknologi.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY