PEMBIASAAN PENILAIAN HARIAN, AKHIR SEMESTER DAN AKHIR TAHUN MENGGUNAKAN SISTEM COMPUTER BASED TEST DI SMA NEGERI 1 DOLOPO

0
148

Salah satu indikator keberhasilan sebuah pembelajaran dapat dilihat menggunakan metode test untuk mengukur sampai sejauh mana peserta didik menguasai sebuah materi yang telah dijelaskan oleh guru.

SMA Negeri 1 Dolopo sebagai salah satu SMA Zonasi telah menerapkan metode test (penilaian harian, akhir semester dan akhir tahun) menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) dengan harapan peserta didik lebih terbiasa menggunakan CBT karena pada akhirnya pada saat Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Nasional semua sudah berbasis komputer. Harapan sekolah dengan adanya test menggunakan CBT adalah :

  1. Melatih peserta didik untuk selalu percaya diri dengan kemampuan masing-masing
  2. Melatih kejujuran peserta didik dalam mengerjakan soal-soal ujian (untuk selanjutnya perilaku jujur akan selalu melekat dalam kehidupan sehari-hari)
  3. Melatih peserta didik untuk mengelola dan menghargai waktu dengan baik (alokasi waktu mengerjakan CBT telah diatur oleh komputer sehingga begitu waktu habis, soal test akan tertutup otomatis)
  4. Melatih guru dan peserta didik untuk selalu meningkatkan kemampuannya sehingga terbiasa dalam menggunakan Teknologi Informasi sebagai alat bantu pembelajaran

Pembiasaan tersebut menuntut semua guru mampu membuat soal-soal dalam bentuk CBT untuk diujikan kepada peserta didiknya. Pelatihan membuat soal CBT telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, saat ini tinggal menerapkan saja hasilnya. Keuntungan menggunakan CBT antara lain :

  1. Hemat kertas
  2. Butir soal dan option jawaban diacak oleh komputer
  3. Nilai peserta didik akan langsung diketahui sesaat setelah selesai mengerjakan (tanpa perlu koreksi secara manual)
  4. Analisis hasil dan butir soal langsung muncul
  5. Grafik persebaran nilai langsung dapat dilihat oleh guru

Lokasi test dapat menempati Laboratorium Komputer atau di dalam kelas masing-masing dengan memakai smartphone atau laptop peserta didik dengan jaringan WiFi yang telah disediakan.

Semoga kebiasaan-kebiasaan baik di SMA Negeri 1 Dolopo ini bisa meningkatkan mutu pembelajaran sehari-hari dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu kelulusan SMA Negeri 1 Dolopo. Sekolah-sekolah di sekitar SMA Negeri 1 Dolopo yang saat ini belum menerapkan CBT dipersilakan untuk belajar ke SMA Negeri 1 Dolopo. Dengan senang hati dan tangan terbuka SMA Negeri 1 Dolopo akan mengimbaskan kebiasaan-kebiasaan baik yang telah diterapkan dengan harapan dapat meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Madiun selatan.

SMA, Maju Bersama, Hebat Semua

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY