Short Term Field Trip Karya Ilmiah Remaja SMAN 1 DOLOPO

0
30

KARYA ILMIAH REMAJA SMAN DOLOPO


Salam smarter generation!

Hai sobat, tahu nggak sih apa itu Karya Ilmiah Remaja? Karya Ilmiah Remaja atau biasa disebut dengan KIR merupakan salah satu dari delapan organisasi ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 DOLOPO. Ekstra KIR dibimbing langsung oleh Bapak Priya Santosa, M.Pd. dan juga Ibu Rindang Wahyu Wijayanti, S.Pd., M.Pd. Sesuai dengan namanya, organisasi ekstrakurikuler kami sering melakukan eksperimen atau percobaan sederhana. Mengapa saya katakan percobaan sederhana? Karena percobaan-percobaan yang kami lakukan selama kegiatan ekstrakurikuler merupakan awal dari sebuah percobaan ilmiah yang sebenarnya; batu pijakan untuk menuju suatu pencapaian yang nyata.
Tak hanya itu, berbagai penelitian pun kami lakukan di ekstrakurikuler kami. Seperti yang baru kami lakukan dua minggu yang lalu, kami dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu IPA, IPS, IPT, dan Humaniora. Penelitian tersebut dilaksanakan di tiga tempat, yaitu di pabrik tapioka, pabrik triplek, dan bendungan (waduk) Si Gombel yang tempatnya lumayan dekat dengan sekolah kami. Kami menyebutnya dengan short term field trip atau studi wisata jangka pendek. Studi wisata jangka pendek yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dalam waktu yang tidak lama pun dengan jarak yang tidak jauh. Dalam program kerja ektrakurikuler KIR, terdapat dua jenis studi wisata, yaitu studi wisata jangka panjang (field trip yang dilakukan sekali dalam satu tahun di luar kota) dan juga field trip jangka pendek yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dari penelitian yang kami lakukan, kami dapat mengetahui dampak yang diakibatkan oleh proses industri, misalnya pencemaran. Pencemaran tersebut dapat berupa pencemaran udara serta pencemaran air oleh limbah pabrik. Metode penelitian yang kami lakukan adalah dengan cara melakukan pengamatan di sekitar pabrik, dan juga melakukan wawancara dengan penduduk sekitar pabrik. Setelah data yang kami butuhkan terkumpul, kami menulisnya dalam sebuah laporan penelitian. Hasil laporan tersebut akan dikembangkan menjadi sebuah proposal karya tulis ilmiah sederhana. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang tulis-menulis.
Inilah salah satu kegiatan di ekstrakurikuler KIR. Meskipun baru penelitian serta percobaan-percobaan sederhana, dengan menjadi bagian dari ekstra KIR kita dapat meningkatkan pengetahuan di bidang ilmiah, mengetahui tata cara prosedur penelitian yang tepat, teknik berpresentasi yang benar serta langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah yang sesuai dengan struktur penulisan.

Penulis : Novita Safitri (XI MIPA 1)
Editor : Rindang Wahyu Wijayanti, S.Pd., M.Pd.
30 Agustus 2019

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY