KUNJUNGAN TIM SUPERVISI SMA ZONASI DALAM RANGKA MONITORING DAN PENDAMPINGAN DI SMA NEGERI 1 DOLOPO

2
251

Inovasi dan berbagai macam perubahan untuk kemajuan pembelajaran di SMA Negeri 1 Dolopo terus dilakukan semenjak sekolah ini mendapatkan predikat sebagai salah satu SMA Zonasi oleh Direktorat Pembinaan SMA. Bimbingan dan arahan dari Direktorat Pembinaan SMA juga terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas SMA Negeri 1 Dolopo. Tim supervisi juga melakukan peninjauan langsung ke sekolah pada hari Kamis, 28 November 2019. Kedatangan tim supervisi dimulai sejak sebelum awal pembelajaran untuk melihat langsung bagaimana suasana sekolah mulai pagi hingga sore hari. Tujuan utama supervisi adalah pendampingan dan monitoring keterlaksanaan Krikulum 2013 dan Sekolah Zonasi.

Petugas supervisi yang kali ini mengunjungi SMA Negeri 1 Dolopo adalah ibu Ismun Darjatiningsih, M.Pd. dan ibu Nina Safrina, S.Ant. Kedatangan beliau berdua langsung disambut oleh bapak Kepala Sekolah, H.Anim Hadisusanto, M.Pd. di ruang kerja beliau.

Kegiatan pertama adalah wawancara langsung dengan Kepala Sekolah dan dari unsur wakil kepala sekolah serta pengisian kuesioner. Saat pembelajaran jam ke-3 dimulai, ibu Ismun dan ibu Nina meninjau langsung proses pembelajaran di kelas bersama bapak ibu guru yang saat itu sedang mengajar sesuai jadwal mengajar masing-masing.

Ibu Ismun mengadakan supervisi pada saat pembelajaran Fisika yang diajar pak Djoko Swasono
Suasana pembelajaran PPKn bersama bu Elmi yang sedang disupervisi ibu Nina

Supervisi dilanjutkan dengan bapak ibu guru pengajar mapel MIPA dan IPS masing-masing 3 guru bertempat di laboratorium Biologi. Setelah mengisi beberapa kuesioner, dilanjutkan dengan diskusi mengenai perangkat mengajar bapak ibu guru. Pada kesempatan inilah bapak ibu guru bisa bertanya jawab sepuasnya kepada ibu Ismun dan ibu Nina mengenai proses pembelajaran beserta pembuatan perangkatnya.

Ibu Nina bersama dengan guru pengampu mata pelajaran IPS
Ibu Ismun bersama guru pengampu mata pelajaran MIPA

Perwakilan sekolah imbas juga berkesempatan bertemu dengan petugas supervisi di SMA Negeri 1 Dolopo. Kali ini yang diundang adalah perwakilan dari SMA Negeri 1 Wungu dan SMA Negeri 1 Dagangan.

Perwakilan sekolah imbas yang berkesempatan bertemu dengan tim supervisi

Tidak hanya bapak ibu guru saja, tetapi peserta didik juga dihadirkan untuk bertemu langsung dengan ibu Ismun dan Ibu Nina. Peserta didik juga mengisi beberapa kuesioner dan diajak bertanya jawab mengenai proses pembelajaran bersama bapak ibu gurunya yang berlangsung setiap hari di kelas masing-masing.

Peserta didik dari perwakilan kelas sedang mengisi kuesioner yang dibagikan oleh tim supervisi

Kegiatan dilanjutkan pada hari Jumat, 29 November 2019 bertempat di ruang guru dengan mengadakan penguatan kepada bapak ibu guru.

Ibu Nina dan ibu Ismun sedang memberikan penguatan di ruang guru

Penguatan yang dilakukan berdasar pada temuan-temuan dari hasil monitoring hari sebelumnya ditambah dengan data-data dari hasil ujian nasional tahun sebelumnya serta rapor mutu tahun 2018.

Ibu Ismun sedang memaparkan hasil temuan-temuan monitoring

Perangkat mengajar bapak ibu guru juga menjadi topik penguatan berikutnya. Ibu Ismun dengan jelas menunjukkan contoh bagaimana proses pembuatan RPP yang dilengkapi dengan analisis KD.

Hasil wawancara dengan peserta didik sangat menggembirakan karena mereka sangat senang bersekolah di SMA Negeri 1 Dolopo. Masing-masing perwakilan kelas mengidolakan gurunya karena bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi dan motivasi.

Proses pembuatan analisis KD

Tidak lupa bapak Kepala Sekolah, H.Anim Hadisusanto, M.Pd. memberikan penekanan juga kepada bapak ibu guru untuk selalu menanamkan karakter jujur kepada peserta didik karena kejujuran adalah hal yang paling utama.

Bapak Kepala Sekolah ikut memberikan penguatan

Keterbatasan waktu dari tim supervisi yang mengharuskan kegiatan harus ditutup, terutama ibu Ismun Darjatiningsih, M.Pd. yang harus segera ke kota lain dalam rangka tugas dari direktorat pembinaan SMA. Perlu diketahui, beliau ini adalah salah satu yang terbaik dari direktorat pembinaan SMA. SMA Negeri 1 Dolopo mendapatkan kesempatan istimewa dikunjungi oleh beliau.

Kegiatan ditutup dengan komitmen dari bapak ibu guru untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran serta pelayanan kepada peserta didik di SMA Negeri 1 Dolopo.

Terimakasih kepada ibu Ismun Darjatiningsih, M.Pd. dan ibu Nina Safrina, S.Ant. karena telah sudi berbagi ilmu dan pengalaman yang sangat dibutuhkan oleh segenap civitas akademika SMA Negeri 1 Dolopo.

2 COMMENTS

  1. Selamat menempuh ujian akhir semester untuk seluruh peserta didik SMA N 1 Dolopo. Kejujuran merupakan mutiara yang selalu berkilau dalam kehidupan. Perjuangan yang tak kenal lelah merupakan kekuatan palu gada dalam menghadapi tantangan hidup.
    Untuk keluarga besar SMA N 1 Dolopo, selamat berjuangan, selamat berkarya, selamat berkreasi dengan segenap potensi yang dimiliki untuk meraih segala prestasi.
    Terima kasih dihaturkan kepada seluruh keluarga besar SMA N 1 Dolopo yang telah berkenan menerima kami dan memberikan informasi yang kami butuhkan. Khusus kepada bpk Anim Hadisusanto dihaturkan terima kasih yang tak hingga..yang dengan kesabaran dan ketulusannya mendampingi dan menemani kami selama di Dolopo Madiun. Semoga semua itu menjadi amal ibadah seluruh warga SMA N 1 Dolopo. Salam sehat dan sukses. MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA. Semsngat pagiii!!

LEAVE A REPLY