PERKEMAHAN PEMBANTARAAN BRAWIJAYA RETNO DUMILAH 2019/2020

0
160

PRAMUKA adalah salah satu organisasi yang wajib diikuti oleh siswa-siswi SMAN 1 DOLOPO. Dalam pramuka siswa atau peserta didik diajarkan tentang bagaimana cara hidup yang disiplin, berani, setia, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya. Semua itu telah tercangkup didalam DASA DHARMA yang merupakan ciri-ciri seseorang yang memiliki jiwa Pramuka, juga memiliki sebuah janji yang dinamakan TRI SATYA.

Seseorang yang memiliki jiwa pramuka pasti akan mengamalkan tri satya dan menepati dasa dharma di dalam kehidupan sehari-hari, sama halnya dengan SMAN 1 DOLOPO yang setiap tahunnya melakukan satu kegiatan kenaikan tingkat dari Penegak ke Bantara, yang mana pada tahun ini melakukan kegiatan perkemahan pembantaraan tepat pada hari jum’at 22 November 2019 sampai dengan 23 November 2019.

Untuk kegiatan pertama yaitu upacara pembukaan perkemahan dan dilanjutkan dengan outbound setelah itu sholat ashar berjamaah kemudian dilanjutkan berbenah-benah diri tak terasa hari sudah menjelang malam para peserta perkemahan menuju ke musola untuk melaksanakan sholat magrib berjamaah setelah itu dilanjutkan dengan kultum sampai dengan adzan isya berkumandang lalu sholat isya berjamaah.

Setelah itu para peserta segera menuju ke kelas masing-masing untuk makan malam kemudian acara yang di tunggu-tunggu pun tiba yaitu upacara api unggun seluruh peserta menuju ke lapangan untuk melaksanakan upacara. Suasana sangat mendukung dan perkemahan pun sangat meriah. Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan pentas seni dari setiap kelas yang menampilkan ciri khas masing-masing.

Tak terasa hari pun sudah larut malam para peserta dilanjutkan mimpi bersama. Pagi pun menyambut hari sabtu para peserta dibangunkan dan menuju ke mushola untuk sholat subuh berjamaah lalu dilanjutkan dengan kultum kemudian peserta pun melanjutkan senam pagi untuk membugarkan badan acara selanjutnya ialah navigasi.

Tapi untuk berjalan pertama menuju ke pos setiap kelas ditantang untuk menunjukan yel-yel kelasnya guna melatih kekompakanya yang paling keras Dan kompak akan berjalan pertama kali.

Setelah berjalan peserta akam melakukan navigasi. Navigasi dilakukan disetiap pos-pos yang telah ditentukan oleh panitia dan disetiap pos peserta akan diberi materi dan sharing tentang pramuka.

Setelah itu peserta perkemahan makan pagi bersama dilapangan yang di iringi dengan lagu pramuka. Tak terasa kami sudah di penghujung acara yaitu upacara penutupan perkemahan pembantaraan dan menyematan tanda bantara kepada peserta.

Setelah perkemahan ini diharapkan menjadi pramuka yang tangguh, berani, dan bertanggung jawab serta lebih baik dari sebelumnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY