JELAJAH NUSA DI YOGYAKARTA TAHUN 2020

1
233

Kegiatan Jelajah Nusa adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh ekstra pramuka disetiap tahunya. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan wawasan kepada anggota pramuka agar menambah informasi tentang daerah di luar kita. Disini kita bukan hanya sekedar bersenang-senang namun juga belajar tentang sejarah indonesia. Tempat belajar tidak hanya disekolah saja,namun diluar sekolah bahkan diluar kota pun bisa.

Kegiatan jelajah nusa ini dilakukan pada tanggal 18 Januari 2020. Kegiatan ini di ikuti oleh anggota pramuka kelas 10 dan kelas 11. berangkat pada jam 02.00 WIB sebelum berangkat kami melakukan doa bersama setelah itu dilanjutkan dengan pemberian pengarahan lalu kami memasuki bus untuk berangkat ke tempat tujuan. Tidak lama masuk bus kami pun tertidur pulas. Adzan subuh berkumandang bus berhenti dan kami pun melaksanakan sholat subuh berjamaah Kemudian,kami melanjutkan perjalanan. Tak terasa pukul 06.20 WIB perjalanan kami sudah sampai pada lokasi pertama yaitu di Pantai Kukup yang terletak di kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Lalu kami segera makan pagi didekat pantai sambil menikmati indahnya pantai kukup dengan udara pagi yang masih segar.

MAKAN PAGI

Setelah itu melanjutkan kegiatan pengamatan dipantai. banyak yang bisa kami temui yaitu kerang,rumput laut,bulu babi,ikan,dan masih banyak lagi.

KEGIATAN PENGAMATAN

Kegiatan dilajutkan dengan out boond yaitu sebuah permainan yang melatih kekompakan dan kebersamaan agar bisa mencapai kemenangan. Di situlah anggota pramuka bisa merasakan kekeluargaan yang saling memberi semangat satu sama lain.

KEGIATAN OUT BOON

Setelah dari pantai kita pun berbenah-benah dan beristirahat dan bernyanyi bersama di iring dengan gitar. Tak terasa waktu pun sudah menunjukan pukul 09.00 WIB dan kami pun harus segera pergi untuk melanjutkan ke lokasi selanjutnya yaitu Benteng Vredeburg dan Malioboro. kami segera naik bus dan perjalanan dari Pantai Kukup ke Benteng Vredeburg membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Dan kami pun tiba di parkiran disekitar malioboro kami harus berjalan kaki untuk sampai di Benteng Vredeburg membutuhkan waktu 3 menit untuk sampai. Lalu kami pun masuk di benteng dan melakukan pengamatan tentang sejarah indonesia. Di situ kami banyak tau peristiwa-peristiwa dulu yang pernah dialami indonesia dan banyak media belajar online yang bisa kami tau.

MEMBACA SEJARAH INDONSIA

Setelah membaca kami pun merasa sebagai generasi penerus bangsa harus meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah membela negara indonesia sampai titik darah penghabisan. Setelah selesai mengunjungi benteng kami pergi ke Malioboro untuk berbelanja. Kemudian,kami kembali ke bus untuk melakukan perjalanan pulang. Dan kami tiba di sekolah SMAN 1 DOLOPO pada pukul 19.10 WIB. Orang tua sudah menjemput dan kami segera pulang kerumah masing-masing.

Dari kegiatan jelajah nusa ini kami bisa mengetahui berbagai informasi tentang peristiwa yang dialami indonesia. Setelah dilakukanya jelajah nusa kami bisa melatih kekompakan,kebersamaan,dan kekeluargaan yang utuh.

1 COMMENT

  1. Tulisan yang bagus dan selalu update dalam setiap kegiatan ekstrakurikulernya. Lebih diperhatikan lagi penggunaan ejaan dan tata bahasa.
    Terus semangat dalam mengisi berita-berita di web sekolah kita.
    Salam Pramuka !!!

LEAVE A REPLY