PEMANTAUAN KEHADIRAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 DOLOPO MENGGUNAKAN MESIN PRESENSI PENDETEKSI SIDIK JARI (FINGER)

0
126

Pembelajaran di SMA Negeri 1 Dolopo dimulai pukul 06.45 sampai 15.15 setiap hari Senin sampai Kamis, sedangkan hari Jumat diakhiri pukul 14.00. Kehadiran seluruh peserta didik biasanya akan dipantau oleh bapak ibu guru pengajar dan petugas dari Tenaga Administrasi menggunakan lembar presensi kertas yang akan dituangkan ke buku presensi dan jurnal di kelas masing-masing.

Proses rekap kehadiran peserta didik akan dihitung secara manual dari hasil laporan kehadiran setiap harinya yang akan memakan waktu serta sering memunculkan faktor kesalahan proses rekap karena sumber data yang berbeda-beda.

Untuk meminimalkan hal tersebut, SMA Negeri 1 Dolopo menghadirkan 3 mesin presensi yang menggunakan metode pemindai sidik jari yang terpasang di selasar. Peserta didik setelah memasuki pintu gerbang sekolah sebelah barat, memarkirkan kendaraan, bersalaman dengan bapak ibu guru, kemudian menuju selasar untuk memindai sidik jarinya masing-masing sebagai tanda kehadiran mereka di sekolah.

Salah satu mesin presensi pendeteksi sidik jari

Orangtua/wali dengan mudah memantau kehadiran putra-putrinya masing-masing di sekolah menggunakan aplikasi yang dipasang di smartphone. Demikian juga pihak sekolah akan dengan mudah memantau seluruh peserta didik yang hadir dan tidak hadir setiap harinya. Tentu saja karena sudah menggunakan mesin yang langsung dihubungkan ke server presensi dan ke server sekolah, rekap kehadiran dengan mudah langsung dapat dilihat saat itu juga tanpa perlu menggunakan perhitungan manual.

Peserta didik sedang melakukan presensi di mesin pendeteksi sebagai tanda kehadiran di sekolah

Bapak ibu guru serta tenaga administrasi sekolah telah lama menggunakan mesin presensi dengan metode pemindai sidik jari, namun mesin presensi yang lama belum terhubung ke server presensi. Dengan adanya mesin presensi yang baru ini, semua mesin presensi telah terhubung ke server presensi dan akhirnya ke server sekolah sehingga dapat dipantau dari manapun.

Semoga dengan inovasi-inovasi baru di SMA Negeri 1 Dolopo akan menambah semangat kerja seluruh civitas akademika demi tercapainya sekolah yang menjadi idaman masyarakat. Amin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY