Kegiatan Membuat Kompor Lapangan

0
131

Kompor lapangan merupakan salah satu peralatan utama yang harus selalu dibawa seorang pramuka saat hendak berkemah dalam waktu yang cukup lama. Saat berkemah di tengah hutan, kompor akan membantu kita untuk memasak bahan makanan yang kita bawa.

Memberi spirtus di kapas

Jika tak ada kompor hampir bisa dipastikan, kita akan cukup kesulitan saat hendak memasak makanan. Apalagi jika cuaca sedang hujan, akan sulit menemukan kayu kering sebagai bahan bakar untuk membuat api. Oleh karena itu, kompor lapangan sangat dibutuhkan ketika berkemah.

Memasukan bahan yang akan dimasak

Pembuatan kompor lapangan sangatlah mudah dan sederhana kita hanya memerlukan peralatan seperti kaleng bekas saja dan melubangi kaleng dibagian tertentu. Yang harus dilubangi yaitu ditengah pada bagian sisi bawah kaleng supaya ketika kita memasukan spirtus bisa dengan mudah, dan jangan lupa juga untuk memberi rongga-rongga pada tiap sisi kaleng tersebut agar asap bisa keluar.

Berdoa sebelum makan

Cara menggunakannya yaitu ketika kompor lapangan sudah jadi kita masukan terlebih dahulu kapas yang telah dibasahi spirtus lalu masukan kedalam kompor lapangan setelah itu letakan wajan atau panci untuk memasak yang kita inginkan seperti memasak air,telur,memasak mie,dan masih banyak lagi. Lalu jangan lupa untuk selalu menjaga api agar tetap menyala. Jika sudah matang kita angkat wajan atau panci lalu matikan kompor menggunakan air agar api tidak menjalar kemana-mana. Dan makanan yang sudah dimasak tadi telah siap di makan.

Kegiatan makan bersama

Bagi seorang yang ingin berkemah, memasak di ruangan terbuka. Kita tahu bahwa kegiatan memasak di udara terbuka akan membutuhkan peralatan khusus memasak berupa kompor yang ringkas, ringan, mudah dipergunakan serta aman bagi pengguna, sehingga kita tahu bahwa kompor lapangan adalah salah satu barang yang wajib di bawa setiap berkemah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY