Penempuhan TKK Pengamat dan Menabung

0
220

Pada hari jumat tanggal 14 Febuari 2020 Calon dewan ambalan generasi 34 melakukan penempuhan TKK. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) adalah tanda yang diberikan kepada anggota pramuka yang telah memenuhi Syarat Kecakapan Khusus (SKK), sebagai bentuk apresiasi atas kacakapan,keterampilan,kemampuan, ketangkasan pada bidang tertentu yang dimiliki oleh setiap anggota pramuka.

Tingkatan TKK dalam Gerakan Pramuka dibagi menjadi tiga. Untuk mencapai tingkatan selanjutnya, seorang Pramuka harus memenuhi syarat yang ditentukan dalam Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Ada tiga yaitu:
1.Purwa: merupakan tingkatan terendah dalam TKK, berbentuk lingkaran.
2.Madya: merupakan tingkatan TKK tingkat menengah, berbentuk persegi.
3.Utama: merupakan tingkatan tertinggi TKK, berbentuk segi lima.

Pada kali ini calon dewan ambalan menempuh TKK Pengamat dan Menabung.
•TKK Pengamat
Untuk mencapai Tingkat Purwa, seorang Pramuka harus :
A.Dapat mengingat 10 dari 15 benda yang dilihatnya dalam 1 menit ( dilakukan dua kali percobaan dengan benda berlainan ).
B.Dapat mengenal dan mengingat sedikitnya 7 dari 10 benda-benda yang dirabanya, dicium, dikecap dengan lidah dan suara yang didengarnya.
C.Dapat mengikuti jejak sejauh 3 km, dengan menggunakan tanda jejak sederhana dari bahan alam sekitarnya, dan dapat mencatat sedikitnya 70% dari seluruh tanda yang dibuat tim penguji.

  1. Mengetahui dan mencatat cara dan kebiasaan hidup jenis binatang yang hidup di sekitarnya atau.
  2. Mengetahui nama dan mengenal 10 macam tumbuh-tumbuhan, sayur-sayuran, Dan buah-buahan yang biasa digunakan manusia dan tumbuh di daerahnya.
  3. Mengetahui nama dan mengenal beberapa macam jamur ( fungsi ) yang dapat dimakan atau yang beracun yang tumbuh di daerahnya.

•TKK Menabung
Untuk mencapai Tingkat Purwa,seorang Pramuka harus :
A.Telah mencapai SKK Penabung untuk Siaga.

  1. Seluruh atau sebagian uang yang ditabung dalam buku tabungannya adalah uang yang diperoleh dari hasil usahanya sendiri.
  2. .Dapat membantu mengurus administrasi buku-buku Tabungan Pramuka di Perindukan Siaga atau Pasukan Penggalang.
  3. Telah melatih sedikitnya seorang Pramuka Siaga, sehingga mencapai TKK Penabung.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY