PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA NEGERI 1 DOLOPO KABUPATEN MADIUN SEBAGAI SOLUSI BELAJAR DI RUMAH PADA KEJADIAN LUAR BIASA COVID-19 DI INDONESIA

0
396

Sebaran virus corona atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 telah menjadi topik utama akhir-akhir ini di semua media, baik cetak maupun online. Beberapa negara telah menerapkan opsi lockdown, mengunci semua pintu masuk dan keluar ke negara yang bersangkutan.

Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut terpapar sebaran Covid-19. Pemerintah telah berupaya keras untuk membendung penyebaran Covid-19 supaya tidak meluas lagi. Dampak dari penyebaran Covid-19 luar biasa ke segala aspek kehidupan mulai dari perekonomian, transportasi dan juga pendidikan.

Menteri Pendidikan telah menginstruksikan kepada seluruh sekolah untuk merumahkan seluruh peserta didik selama 14 hari untuk belajar di rumah (bukan libur) dan pembelajaran menggunakan metode online dengan tujuan mengurangi interaksi sosial untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19. Bapak ibu guru dan karyawan tetap masuk seperti biasa ke sekolah untuk mempersiapkan materi pembelajaran online.

SMA Negeri 1 Dolopo mulai tanggal 16 Maret 2020 hingga 27 Maret 2020 telah merencanakan pembelajaran online sesuai instruksi pemerintah. Kegiatan yang dilakukan bapak ibu guru adalah membuat materi, tugas dan evaluasi secara online melalui berbagai media yang telah dimiliki SMA Negeri 1 Dolopo. Sebagai contoh, memanfaatkan kelas virtual melalui Teams dari Microsoft. SMA Negeri 1 Dolopo telah terdaftar secara resmi menjadi pengguna Office 365 dengan berbagai macam fasilitas yang siap digunakan untuk media pembelajaran. Selain itu setiap warga sekolah mendapat fasilitas penyimpanan online berupa One Drive sebanyak 5 Terabyte, jumlah yang tidak sedikit.

Bapak Kepala Sekolah membimbing langsung bapak ibu guru dalam pembelajaran online

Peserta didik tinggal menerima materi dan tugas bahkan evaluasi dari rumah masing-masing menggunakan smartphone atau laptop. Tugas yang diberikan masing-masing mata pelajaran harus dikerjakan dalam jangka waktu tertentu yang telah diberikan oleh bapak ibu guru masing-masing dan diupload ke server sekolah melalui aplikasi DS File atau melalui portal web sekolah di rumahilmu.sman1dolopo.sch.id

Bapak ibu guru berkolaborasi dalam pembelajaran online

Bapak ibu guru tinggal memeriksa folder kelas dan mata pelajaran masing-masing di rumah selama 24 jam untuk mengetahui hasil pekerjaan peserta didiknya untuk dinilai. Pada akhir pembelajaran dilakukan evaluasi melalui elearning melalui alamat elearning.sman1dolopo.sch.id:5060 dan hasilnya juga dapat langsung diketahui saat itu juga setelah peserta didik menyelesaikan evaluasi.

Semoga dengan langkah-langkah yang telah dilakukan ini dapat menghentikan penyebaran Covid-19 dan segera bisa memulihkan kondisi Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya. Semoga kita semua mendapat perlindungan dari Alloh SWT. Amin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY