IN HOUSE TRAINING ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 DOLOPO TAHUN 2020

0
472

SMA Negeri 1 Dolopo terus memacu semangat seluruh civitas akademika dengan melakukan peningkatan kemampuan terutama untuk memajukan kualitas pembelajaran. Untuk yang kesekian kalinya kembali dilaksanakan In House Training (IHT) yang kali ini dititikberatkan pada Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) dan pembuatan perangkat mengajar sekaligus media pembelajaran untuk persiapan Blended Learning pada masa pandemi Covid-19.

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta IHT, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia, ibu Herlinawati, S.Pd., MPd. Kepala SMA Negeri 1 Dolopo, bapak Anim Hadisusanto, M.Pd. juga berkesempatan memberikan sambutan sekaligus melaporkan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai SMA Negeri 1 Dolopo kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun, bapak Supardi, S.H., M.Pd.

Bapak Kepala SMAN 1 Dolopo memberikan sambutan
Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun, bapak Supardi, S.H., M.Pd. berkenan memberikan sambutan, wejangan, informasi dan membuka secara resmi IHT di SMAN 1 Dolopo

Dalam wejangannya, bapak Supardi sangat mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh SMA Negeri 1 Dolopo apalagi masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Beliau juga memberikan informasi tentang rencana pembelajaran di semester berikutnya dengan metode blended learning, campuran antara daring (di rumah) dan luring (tatap muka di sekolah), karena pembelajaran tatap muka belum dimungkinkan 100%, jadi 50% daring dan 50% luring dan tidak boleh ada perbedaan antara keduanya, semua peserta didik baik yang daring maupun yang luring harus memperoleh hak yang sama. AKM merupakan perubahan drastis dari Ujian Nasional yang secara resmi telah dihapus. Peserta didik diharapkan akan lebih bisa mandiri, berpikir lebih kritis dengan tidak menninggalkan norma-norma Pancasila.

Setelah memberikan beberapa wejangan serta beberapa informasi yang sangat bermanfaat, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun, bapak Supardi, S.H., M.Pd. berkenan secara resmi membuka kegiatan In House Training Asesmen Kompetensi Minimum Dan Pembuatan Media Pembelajaran di SMA Negeri 1 Dolopo Tahun 2020.

Acara pembukaan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh bapak Asrori, S.Pd., M.PdI memohon kepada Alloh untuk dilancarkan seluruh rangkaian kegiatan hingga selesai dan mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya untuk civitas akademika SMA Negeri 1 Dolopo.

Pemaparan Asesmen Nasional oleh bapak Kepala SMAN 1 Dolopo

Kegiatan inti dimulai setelah coffe break yang dipandu oleh Kepala SMA Negeri 1 Dolopo, bapak Anim Hadisusanto, M.Pd. dengan materi Asesmen Nasional yang dilakukan untuk pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Di dalamnya akan mencakup Asesmen Kompetensi Minimum yang terdiri atas literasi membaca dan numerasi, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Pembuatan perangkat pembelajaran semester genap oleh Wakasek Kurikulum

Setelah ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan perangkat pembelajaran yang dipandu oleh Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, ibu Yuyun Indah Kurniawati, S.Pd., M.Pd. dengan membagikan blanko perangkat pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2020-2021, kemudian seluruh bapak ibu guru peserta IHT mengisi bersama-sama sesuai kebutuhan mata pelajaran masing-msing. Diharapkan pada saat hari pertama masuk semester genap 4 Januari 2021 nanti, semua sudah siap melakukan pembelajaran.

Pembuatan e-modul di e-learning SMAN 1 Dolopo dipandu oleh asisten wakasek kurikulum

Kegiatan hari berikutnya adalah pembuatan materi pembelajaran secara elektronik (e-modul) yang akan diisikan ke dalam server e-learning sekolah yang beralamat di elearning.sman1dolopo.sch.id:5060 yang dipandu oleh Asisten Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, ibu Rindang Wahyu Wijayanti, S.Pd., M.Pd. Seperti pada semester-semester tahun pelajaran yang lalu, SMA Negeri 1 Dolopo telah terbiasa menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran yang dapat diakses dari mana saja menggunakan koneksi internet dengan perangkat smartphone atau laptop masing-masing, sehingga untuk persiapan semester genap tinggal melanjutkan dan melengkapi saja.

Bapak Latif Zamroni, M.Pd. dari Direktorat PSMA sebagai narasumber pembuatan media belajar menggunakan beberapa aplikasi presentasi

Kegiatan di hari terakhir menghadirkan narasumber dari Direktorat PSMA, bapak Latif Zamroni, M.Pd. yang akan mengenalkan dan memandu peserta IHT ke beberapa aplikasi pembuatan presentasi untuk mendukung media pembelajaran. Aplikasi yang dibahas adalah : Microsoft PowerPoint, Canva dan Prezi

Suasana kegiatan IHT pembuatan media pembelajaran

Bapak ibu guru peserta IHT sangat antusias mengikuti setiap kegiatan mulai pembukaan hingga hari terakhir IHT. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber yang menandakan besarnya keingintahuan untuk terus maju. Pada akhir kegiatan, salah satu peserta IHT diminta untuk memberikan testimoni terhadap pelaksanaan IHT.

Ibu Elmi Nurhayati, S.Pd. berkenan memberikan testimoni

Bapak Kepala SMA Negeri 1 Dolopo sangat mengapresiasi semangat bapak ibu guru dalam mengikuti seluruh kegiatan IHT. Diharapkan dengan adanya IHT untuk yang kesekian kalinya ini akan semakin meningkatkan penguasaan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Dolopo. Akhirnya seluruh rangkaian IHT telah selesai dilaksanakan. Secara resmi IHT ditutup oleh Kepala SMA Negeri 1 Dolopo, bapak Anim Hadisusanto, M.Pd. dengan mengucap syukur kepada Alloh atas kelancaran seluruh kegiatan IHT.

SMA Negeri 1 Dolopo Maju Bersama Hebat Semua

rumahilmu.sman1dolopo.sch.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY