PELAKSANAAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020-2021 SMA NEGERI 1 DOLOPO DI TENGAH PANDEMI COVID-19

0
257

Pembelajaran rutin telah dilakukan mulai bulan Juli 2020, kini saatnya melaksanakan evaluasi untuk mengukur sejauh mana penguasaan peserta didik selama mengikuti pembelajaran masing-masing mata pelajaran.

Masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang masih kelihatan enggan berlalu, SMA Negeri 1 Dolopo terus melangkah maju melaksanakan pembelajaran hingga saatnya Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal tahun pelajaran 2020-2021 yang dilaksanakan mulai tanggal 30 November 2020 dan direncanakan akan berakhir pada tanggal 9 Desember 2020

Protocol kesehatan tetap diberlakukan, mulai berangkat dari rumah wajib mengenakan masker dengan baik dan benar. Memasuki pintu gerbang sekolah dengan dicek suhu tubuh masing-masing peserta didik. Apabila ditemukan suhu tubuh di atas 370 C, peserta didik dipersilakan untuk pulang dan beristirahat di rumah untuk sementara waktu.

Sebelum memasuki ruang ujian, wajib mencuci tangan dengan sabun dan dibilas dengan air mengalir yang telah disediakan di depan ruang ujian masing-masing. Setelah itu segera memasuki ruang ujian yang telah ditentukan dengan tertib.

Di dalam ruang ujian, tempat duduk diatur berjauhan, sehingga 1 ruang ujian maksimal hanya menampung 18 peserta didik saja. Dengan demikian, pelaksanaan PAS diatur dalam 2 sesi, pagi dan siang secara bergantian.

Tempat duduk peserta ujian berjarak minimal 1 meter sesuai protocol Covid-19

Selama pelaksanaan PAS, jika ada peserta ujian yang merasa kurang sehat, dipersilakan untuk beristirahat dulu di rumah dan akan diikutkan dalam PAS susulan yang waktunya telah ditentukan panitia

Tentu saja SMA Negeri 1 Dolopo dalam melaksanakan PAS tidak lagi menggunakan kertas, tetapi menggunakan peralatan Teknologi Informasi seperti kegiatan-kegiatan ujian lain dan pembelajaran setiap harinya. Semua soal telah diupload dan dikemas ke dalam server utama sekolah dan peserta ujian mengakses soal-soal menggunakan smartphone atau laptop masing-masing.

Peserta ujian PAS menggunakan peralatan TIK untuk mengakses dan mengerjakan soal

Soal yang dikerjakan peserta ujian akan diacak oleh sistem, untuk melatih kemandirian peserta didik, kejujuran, percaya diri serta bertanggungjawab terhadap hasil pekerjaan masing-masing. Hasil ujian masing-masing mata pelajaran akan langsung diketahui setelah peserta ujian submit jawaban ke server. Demikian juga bagi bapak ibu guru, nilai peserta ujian setiap kelas akan langsung dapat didownload dan digabungkan dengan nilai lainnya untuk segera dimasukkan ke dalam e-rapor.

Semoga pelaksanaan PAS dalam masa pandemi Covid-19 kali ini selalu dalam perlindungan Alloh SWT, lancar sampai seluruh mata pelajaran selesai diujikan. Amin YRA.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY