KOMPETISI SAINS NASIONAL TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2021 di SMA NEGERI 1 DOLOPO

0
621

Pelaksanaan lomba mata pelajaran yang dulunya bernama olimpiade, kini berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Tidak hanya namanya saja yang berubah, sistem pelaksanaannya juga menggunakan Computer Based Test (CBT), tidak lagi mengerjakan soal-soal di kertas

Menjelang lomba KSN tingkat Kabupaten

SMA Negeri 1 Dolopo tentu saja turut berpartisipasi setiap tahunnya, termasuk pelaksanaan kali ini yang menggunakan sistem Assesmen Nasional dari Pusat Assesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar). Terdapat 9 mapel yang dilombakan, yaitu :

  1. Biologi
  2. Fisika
  3. Informatika Komputer
  4. Kimia
  5. Matematika
  6. Astronomi
  7. Ekonomi
  8. Geografi
  9. Kebumian

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka pelaksanaan lomba dibagi menjadi 2 hari, yaitu Kamis, 3 Juni 2021 dan Jumat, 4 Juni 2021.

Suasana simulasi KSN yang dilaksanakan 28 Mei 2021

Peserta lomba juga melaksanakan simulasi untuk mengenalkan sistem baru sekaligus mencoba server dan client serta jaringan komputer yang akan dipakai lomba. Adanya simulasi ini diharapkan peserta lomba lebih mengenal sistem yang akan dipakai, sehingga tidak akan mengalami kebingungan pada saat dilaksanakannya lomba. Untungnya, di SMA Negeri 1 Dolopo telah terbiasa menggunakan CBT dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari termasuk penilaian harian hingga akhir tahun, sehingga peserta lomba dari SMA Negeri 1 Dolopo hanya sedikit saja melakukan penyesuaian.

Wejangan dari panitia dan pembina KSN SMA Negeri 1 Dolopo

Peserta lomba yang mewakili SMA Negeri 1 Dolopo berjumlah 27 peserta, masing-masing mengirimkan 3 peserta dalam setiap mapelnya. Mereka yang berjuang membawa nama baik sekolah adalah :

Walau dalam masa pandemi Covid-19 dan di tengah pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) peserta lomba tetap antusias melaksanakan tugas yang diberikan oleh sekolah. Mereka akan diberikan waktu khusus untuk mengerjakan PAT

Pelaksanaan KSN hari pertama

Pelaksanaan lomba KSN bertempat di laboratorium komputer 1. Tempat duduk juga diatur sesuai protokol kesehatan, lebih dari 1 meter jarak antar peserta lomba. Pengawasan dibuat silang dengan sekolah lain.

Pelaksanaan KSN hari ke-2

Setiap mapel yang dilombakan memiliki waktu yang berbeda-beda, mulai 45 menit hingga 3 jam pelaksanaan. Setiap peserta lomba akan terkunci oleh sistem, jika waktu belum habis, tidak akan bisa mengakhiri test dengan tujuan agar semua peserta lebih teliti lagi dalam menjawab semua soal yang diberikan dan memastikan seluruh soal telah terjawab dengan baik. Semoga perjuangan peserta lomba KSN SMA Negeri 1 Dolopo mendapat ridho Alloh SWT, bisa mengharumkan dan melambungkan nama baik SMA Negeri 1 Dolopo. Amin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY