AKSARA NAYAKA SRAMANJAYA LOKA WARSA–DIES NATALIS KE-33 SMA NEGERI 1 DOLOPO TAHUN 2019

0
1746

Perjalanan SMA Negeri 1 Dolopo dalam ikut mencerdaskan kehidupan bangsa telah menapak tahun yang ke-33. Suka dan duka serta berbagai halangan dan rintangan telah dialami sekolah tercinta ini. Peserta didik datang dan lulus silih berganti dengan membawa berbagai kenangan tersendiri setiap tahunnya.

Hadiah terindah tahun ini yang diterima SMA Negeri 1 Dolopo adalah terpilihnya menjadi salah satu SMA Zonasi di Indonesia di bawah kepemimpinan bapak H.Anim Hadisusanto, S.Pd., M.Pd. Mengiringi laju langkah beliau, sekolah juga tengah berupaya keras untuk menuju Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Tak lama berselang, sekolah juga berkesempatan dikunjungi oleh tim verifikasi Sekolah Sehat yang akan dideklarasikan pada bulan November 2019. Alhamdulillah, sungguh anugerah yang besar dari Alloh SWT kepada seluruh civitas akademika SMA Negeri 1 Dolopo.

Dengan mengusung tema Aksara Nayaka Sramanjaya Loka Warsa (Kejayaan yang telah terjaga dan akan ditingkatkan dari waktu ke waktu) kita songsong masa depan sekolah yang lebih baik, menuju sekolah pilihan utama masyarakat Madiun terutama bagian selatan.

Rangkaian kegiatan telah disiapkan oleh panitia bersama OSIS SMA Negeri 1 Dolopo. Mengawali kegiatan dies natalis telah dilaksanakan pertandingan futsal antar grup kelas pada tanggal 21 hingga 23 Oktober 2019. Lomba dilaksanakan setelah jam pembelajaran berakhir, sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran.

Upacara resmi pembukaan dies natalis ke-33 SMA Negeri 1 Dolopo dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 24 Oktober 2019. Upacara didukung oleh pasukan khusus pengibar bendera formasi lengkap dari ekstrakurikuler PPU. Untuk lebih memeriahkan upacara pembukaan dilaksanakan pelepasan balon sebagai simbol bahwa kegiatan dies natalis yang ke-33 SMA Negeri 1 Dolopo telah resmi dimulai.

Pasukan Pengibar Bendera SMAN 1 Dolopo
Pelepasan balon sebagai simbol dimulainya dies natalis SMAN 1 Dolopo ke-33

Setelah upacara pembukaan, dilanjutkan dengan lomba PBB Kreasi oleh adik-adik dari berbagai SMP dan MTs di sekitar SMA Negeri 1 Dolopo.

Salah satu kelompok peserta PBB Kreasi

Bersamaan dengan lomba PBB Kreasi tersebut, juga tengah dilaksanakan lomba Qiro’ah yang bertempat di laboratorium komputer 3 yang diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas

Peserta Qiro’ sedang membaca ayat suci Al-Qur’an

Menempati kelas X MIPA 1 juga sedang berlangsung lomba Da’i yang juga diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas.

Peserta lomba Da’i sedang berlaga

Kegiatan dilanjutkan pada hari Jumat tanggal 25 Oktober 2019 yaitu bakti sosial ke masyarakat di sekitar sekolah dengan membersihkan masjid yang digunakan untuk beribadah setiap harinya.

Salah satu kegiatan bakti sosial membersihkan masjid

Setelah selesai membersihkan masjid, diberikan kenang-kenangan kepada pengurus masjid dari peserta bakti sosial beserta wali kelasnya.

Penyerahan kenang-kenangan dari peserta bakti sosial beserta wali kelasnya
Peserta didik beserta wali kelasnya saat bakti sosial

Di lingkungan sekolah juga dilaksanakan lomba penghijauan dan keindahan taman setiap kelas. Keindahan dan penghijauan lingkungan sekolah sebenarnya sudah ditanamkan sejak lama, apalagi sekolah sudah menyandang gelar sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi dan sedang berjuang menuju tingkat nasional.

Penanaman pohon di salah satu sudut sekolah dalam rangka penghijauan
Penanaman pohon di sekitar lapangan basket

Dengan demikian, peserta didik tidak lagi terbebani dengan adanya lomba penghijauan dan keindahan taman tersebut, malah mereka lebih bersemangat lagi dalam kreatifitas penataan taman kelasnya masing-masing.

Ibu Hj.Ismini, S.Pd., M.Pd. sebagai salah satu juri sedang menilai taman kelas

Pada saat yang sama, menempati ruang laboratorium Kimia, tengah berlangsung lomba debat antar kelas. Tema debat yang disajikan adalah : Melalui lomba debat bahasa Indonesia, kita wujudkan siswa yang cerdas, cakap dan santun berbahasa Indonesia.

Lomba debat antar kelas

Lomba debat tersebut akan dilaksanakan dalam beberapa tahap, mulai babak penyisihan, semifinal dan akhirnya babak final dengan mengajukan mosi Penerapan sistem zonasi pada era globalisasi. Acara berlangsung dengan sangat seru, peserta dengan semangat mengikuti lomba, mempertahankan argumen masing-masing dan juga berusaha mencari kelemahan argumen lawannya. Tak kalah serunya adalah supporter yang mendukung masing-masing kelasnya dengan berbagai yel-yel untuk terus memberi semangat kepada teman-temannya yang sedang berdebat.

Pada hari Sabtu tanggal 26 Oktober 2019 kegiatan dilanjutkan kembali dengan berbagai macam perlombaan yang berbeda. Kali ini yang dilombakan adalah pembuatan film pendek dengan memilih tema kehidupan di sekolah yang dinilai oleh ibu Hayyatul Ichtiariani, S.Pd. sebagi jurinya.

Olimpiade mata pelajaran yang sekaligus sebagai penjaringan peserta olimpiade yang akan mewakili sekolah ke tingkat kabupaten/kota Madiun juga digelar hari ini. Ada 9 mata pelajaran yang di-olimpiade-kan, yaitu : matematika, fisika, kimia, biologi, kebumian, astronomi, geografi, ekonomi dan informatika komputer.

Peserta olimpiade komputer di laboratorium komputer 1
Peserta olimpiade biologi sedang mendapat pengarahan dari pembina
Peserta olimpiade ekonomi

Sementara itu Ibu Hj.Ratna Yuliani, S.Pd., dan bapak Primastyo Faris Tristianto, S.Pd. di ruang tari sedang memberikan penilaian lomba vocal solo yang diikuti peserta didik baik putra maupun putri. Kriteria penilaian tidak hanya pada oleh vocal saja, tetapi juga gerak tubuh dan sikap selama membawakan lagu.

Penilaian lomba vocal solo
Salah satu peserta vocal solo sedang menyanyikan lagu pilihannya

Bersebelahan dengan ruang tari, yaitu laboratorium fisika, juga digunakan untuk peserta lomba poster digital memeriahkan dies natalis SMA Negeri 1 Dolopo yang ke-33 ini. Tema posternya adalah tentang dies natalis sekolah

Peserta lomba poster sedang menyelesaikan hasil karyanya

Di sebelah utara laboratorium fisika, yaitu laboratorium biologi, diadakan lomba kriya dengan memanfaatkan barang-barang bekas, misalnya kertas koran bekas dan lain-lainnya. Kegiatan ini juga mendukung sekolah Adiwiyata dalam hal mengolah kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Suasana lomba kriya di laboratorium biologi
Peserta lomba kriya sedang mengolah koran bekas

Lomba lainnya yang juga diadakan pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019 adalah baca puisi dengan tema melalui seni baca puisi siswa memperoleh inspirasi membangun karakter. Seperti lomba lainnya, setiap kelas wajib mengirimkan satu perwakilannya.

Salah seorang peserta lomba baca puisi
Peserta lomba baca puisi saling beradu kepiawaian

Selain berbagai macam perlombaan, juga diadakan kegiatan kemanusiaan yaitu donor darah yang bekerja sama dengan pihak PMI Kabupaten Madiun. Peserta donor darah terbuka untuk bapak ibu guru serta karyawan dan seluruh peserta didik.

Peserta didik sedang mendonorkan darahnya
Bapak Drs.Suwawi Widi Utomo, M.Pd juga ikut mendonorkan darahnya

Kegiatan donor darah ini rutin dilaksanakan tidak hanya pada saat dies natalis saja, tetapi juga pada saat acara-acara tertentu yang sering diadakan oleh PMI Kabupaten Madiun.

Agenda rutin yang dilaksanakan setiap dies natalis adalah lomba kebersihan dan kerapian kelas. Untuk tahun ini ditambah dengan penilaian pojok literasi untuk membangkitkan semangat gemar membaca di kalangan peserta didik. Dengan membaca akan terbuka jendela dunia dimana kita bisa melihat isi dunia  tanpa melakukan perjalanan, hanya cukup membaca sebuah halaman.

Setiap kelas wajib menyediakan pojok literasi yang berisi berbagai macam buku yang harus ditata rapi dan bersih sehingga menimbulkan minat baca

Tim juri sedang mengadakan penilaian pojok literasi di salah satu kelas

Hari Minggu yang biasanya digunakan untuk beristirahat oleh sebagian besar orang, di SMA Negeri 1 Dolopo kali ini tetap masuk dengan menggelar kegiatan dies natalis yang ke-33, yaitu lomba menghias nasi gurih yang diikuti seluruh kelas, baik kelas X, XI maupun XII

Suasana kemeriahan lomba menghias nasi gurih

Tema lomba tetap mengacu pada dies natalis yang ke-33 SMA Negeri 1 Dolopo. Walau tema sama, tetapi kreatifitas peserta didik dalam menghias nasi gurihnya masing-masing sangat beragam. Kriteria penilaian meliputi rasa, kerapian dan keindahan hiasan dan kesesuaian dengan tema.

Pentas kemeriahan dies natalis terus berlanjut di hari Senin, tanggal 28 Oktober 2019. Bapak Kepala Sekolah membuka acara dengan memberi wejangan kepada para peserta didik untuk terus balajar dan belajar. Beliau juga memberikan informasi terkini yang berkaitan dengan program sekolah yaitu double track yang dimulai di kelas XI untuk memberikan bekal ketrampilan kepada peserta didik SMA Negeri 1 Dolopo.

Pemotongan tumpeng oleh bapak Kepala Sekolah

Sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME sekaligus simbol peringatan hari ulang tahun sekolah dilakukan pemotongan tumpeng oleh bapak Kepala Sekolah yang diberikan kepada wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, bapak Asrori, S.Ag. Selanjutnya bapak Asrori juga memimpin doa untuk kemajuan SMA Negeri 1 Dolopo.

Acara yang ditunggu-tunggu oleh peserta didik adalah penampilan bintang tamu Tami Aulia yang membawakan beberapa lagu hitsnya.

Bintang tamu utama, Tami Aulia

Setelah bintang tamu utama selesai mengisi acara, dilanjutkan dengan band Skatakata yang mengisi panggung dies natalis SMA Negeri 1 Dolopo hingga siang harinya.

Pada malam harinya dilaksanakan pengajian akbar untuk masyarakat umum dengan menghadirkan K.H.Abdul Mutholib atau yang dikenal sebagai Kyai Kerah Sakti dari Sidoarjo. Kelompok habsyi Ahbaabul Muslimin turut serta meramaikan pengajian tersebut.

Habsyi Ahbaabul Muslimin SMAN 1 Dolopo

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap acara pengajian akbar, masyarakat sangat antusias berbondong-bondong tumpah ruah menuju SMA Negeri 1 Dolopo untuk menghadiri pengajian tersebut. Seluruh tamu yang hadir diberi snack dan minuman gratis oleh panitia dibantu OSIS SMA Negeri 1 Dolopo. Bapak ibu guru menyambut dengan ramah seluruh masyarakat yang hadir di sekolah. Tidak lupa beberapa Kepala SMA di sekitar SMA Negeri 1 Dolopo dan jajaran muspika kecamatan Dolopo turut berkenan menghadiri undangan pengajian akbar ini.

Suasana pada saat pengajian akbar di SMAN 1 Dolopo

Sebelum acara pengajian utama, dilaksanakan juga wisuda bagi para hafizh yang telah hafal seluruh juz 30. Wisudawan berasal dari peserta didik SMA Negeri 1 Dolopo yang telah melalui beberapa seleksi sebelumnya. Sekelompok penari sufi turut serta menampilkan kebolehannya di hadapan hadirin pengajian akbar hingga menjelang acara utama dimulai.

Tari Sufi

Tiba saatnya acara utama dimulai sekitar pukul 20.30 WIB. Kyai Kerah Sakti mengajak jamaah untuk selalu mendekatkan diri kepada Alloh SWT dan disertai petuah-petuah lainnya yang disampaikan dengan jenaka, membuat seluruh jamaah yang hadir sangat menikmati pengajian yang tengah dibawakan oleh beliau. Penekanan beliau kepada para jamaah adalah jadilah orang yang sae yang artinya baik budi pekertinya dan rajin salatnya, apapun jabatan kita, baik dalam keadaan kaya dan miskin. Sangat tidak terasa, waktu telah menunjukkan pukul 23.00 WIB pada saat beliau mengakhiri pengajian dengan doa untuk kesuksesan SMA Negeri 1 Dolopo bersama seluruh jamaah.

Foto bersama K.H.Abdul Mutholib (Kyai Kerah Sakti)

Menutup seluruh rangkaian kegiatan dies natalis ke-33 tahun 2019 ini, pada hari Selasa tanggal 29 Oktober 2019, tepat 33 tahun SMA Negeri 1 Dolopo yang diresmikan pada tanggal 29 Oktober 1986 oleh bapak Wahono, gubernur Jawa Timur saat itu, dilaksanakan jalan santai sekaligus menyapa masyarakat sekitar sekolah. Jalan santai dilaksanakan mulai pukul 06.30 WIB dengan mengambil start di gerbang sekolah sebelah timur. Bapak Kepala SMA Negeri 1 Dolopo, H.Anim Hadisusanto, S.Pd., M.Pd berkenan untuk melepas seluruh peserta jalan santai.

Bapak Kepala Sekolah berkenan melepas peserta jalan santai

Seluruh peserta didik bersama wali kelas masing-masing, bapak ibu guru serta karyawan tenaga administrasi sekolah turut serta meramaikan kegiatan jalan santai sekaligus berolahraga pagi.

Di tengah perjalanan jalan santai, dibagikan kupon undian yang akan diundi setelah seluruh peserta jalan santai tiba kembali ke sekolah.

Pembagian kupon undian jalan santai

Di halaman tengah sekolah telah menanti acara lomba fashion show yang bertemakan cowboy. Tepuk tangan meriah terdengar di sana sini setiap kali peserta lomba melenggak lenggok menampilkan busana yang dikenakannya sambil sesekali beraksi di tengah panggung.

Peserta lomba fashion show sedang beraksi

Acara berikutnya yang ditunggu-tunggu adalah pengundian kupon jalan santai. Berbagai macam hadiah telah menanti di atas panggung. Seluruh peserta didik, bapak ibu guru dan karyawan menanti pengundian dengan antusias hingga seluruh hadiah habis dibagi-bagikan kepada yang beruntung.

Di sela-sela pengundian, seluruh kegiatan ekstrakurikuler menampilkan berbagai macam atraksi. Masing-masing ekstrakurikuler berlomba dalam menunjukkan ciri khas masing-masing. Anggota ekstrakurikuler yang tidak ikut naik ke atas panggung juga tidak kalah serunya dalam memberikan dukungan kepada teman-temannya yang sedang berlaga di atas panggung. Suasana sangat meriah dan sangat dinikmati oleh seluruh civitas akademika SMA Negeri 1 Dolopo.

Aksi salah satu kegiatan ekstrakurikuler

Hadiah utama berupa sepeda diundi langsung oleh bapak Kepala Sekolah disaksikan seluruh yang hadir.

Bapak Kepala Sekolah mengambil kupon undian hadiah utama

Setelah mendapatkan satu pemenang hadiah utama, bapak Kepala Sekolah menyerahkan hadiahnya kepada peserta didik yang sangat beruntung kali ini. Selamat !

Penyerahan hadiah utama oleh bapak Kepala Sekolah

Menjelang Dhuhur seluruh kegiatan telah selesai. Selamat Ulang Tahun yang ke-33 sekolahku tercinta, SMA Negeri 1 Dolopo. Semoga dengan bertambahnya usia, sekolah ini makin banyak mencetak generasi unggul bagi Indonesia. Generasi yang tak hanya cerdas akalnya namun juga baik akhlaknya. Generasi yang kaya ilmu dan dapat mengamalkan ilmunya untuk kebaikan, karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Semoga SMA Negeri 1 Dolopo bisa menjadi teladan bagi semua, saat ini dan di masa yang akan datang. Amin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY