GREEN HOUSE “WAHANA FLORA” SMAN 1 DOLOPO SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEWIRAUSAHAAN

0
117

Penulis : Primastyo Faris Tristianto

Lingkungan merupakan salah satu penunjang belajar peserta didik, dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, diharapkan dapat mendorong kesadaran bagi warga sekolah untuk menciptakan suatu kondisi yang nyaman untuk belajar. Mengedukasi pendidikan lingkungan hidup tidak  cukup hanya teori melainkan dibutuhkan aksi nyata agar siswa mampu berperan aktif untuk mencapai tujuan pendidikan.

Dalam Upaya memberikan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup kepada siswa. SMA Negeri 1 Dolopo mempunyai fasilitas pembelajaran yang telah disiapkan yaitu Green House yang bernama “WAHANA FLORA” yang dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi pelestarian lingkungan hidup. Sarana belajar tidak hanya ruang kelas, namun dengan memanfaatkan belajar di Green House merupakan salah satu alternatif ruang belajar untuk menambah ilmu pengetahuan.

Belajar Bertanam Sawi Pakcoy dan Selada

Sawi Pakcoy merupakan jenis sayuran yang masih satu jenis dari Sayuran sawi hijau. Sawi Pakcoy kerap disebut sawi sendok. Karena daunnya yang melebar seperti sendok. Siswa siswi SMAN 1 Dolopo belajar menanam Sawi Pakcoy karena sawi pakcoy memiliki beberapa keunggulan yaitu dapat ditanam di berbagai media, sawi pakcoy tergolong sayuran yang cukup laris, kandungan nutrisi yang kompleks menyehatkan dan memiliki waktu panen yang singkat yaitu 30 hari – 45 hari.

Berwirausaha berbasis budidaya sayuran

Meskipun dilahan terbatas melalui media tanam dan perawatan yang tepat siswa siswi SMAN 1 Dolopo memanfaatkan green housedapat menghasilkan omzet untuk menambah pendapatan. Siswa – siswi menjalankan usaha hidroponik sayuran sawi pakcoy, yang kedepan  akan dilakukan program pendampingan  secara bertahap diantaranya teknik budidaya yang benar, pengemasan dan marketing.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY