Salam Pramuka‚öú

Pramuka bukanlah organisasi sosial, dalam arti organisasi yang memberikan bantuan sosial. Namun dalam kegiatannya, Pramuka banyak melakukan kegiatan bakti sosial atau bakti kemasyarakatan. Aksi-aksi bantuan sosial dilakukan Pramuka, karena kegiatan seperti itu memang merupakan bagian dari kode kehormatan yang harus ditaati seorang Pramuka. 

Salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan BAGIKAJI (Berbagi, berbuka dan mengaji) yang dilaksanakan pada 13-16 April 2023. Kegiatannya apa aja sih? Jadi kegiatannya yang pertama adalah mengaji, kegiatan ini dilaksanakan di rumah masing-masing anggota pramuka selama 1 minggu dengan syarat, 1 anak khatam 1 juz. Selanjutnya kegiatan berbagi takjil, yang dilaksanakan di sekitar Pasar Dolopo dan Masjid Baitus Salim. Dan yang terakhir adalah kegiatan berbuka puasa yang diadakan di tempat salah satu anggota pramuka.

Kegiatan mengaji
Kegiatan berbagi takjil di sekitar Pasar Dolopo
Kegiatan berbagi takjil di Masjid Baitus salim
Kegiatan buka puasa bersama

Berbagi takjil ini merupakan momen terbaik yang dapat memberi manfaat pada sesama. Terutama pada pengguna jalan dan pedagang yang tidak sempat berbuka puasa bersama keluarga , mempererat hubungan antar anggota pramuka. Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala kenikmatan serta masih diberikan kesempatan untuk menjalani ibadah puasa di tahun ini. Kedua, meningkatkan rasa kepedulian antar sesama umat manusia. Dan sekaligus memperkenalkan program Pramuka yang ada di SMAN 1 DOLOPO .

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY