P5 PROJEK KE-3 : GELARAN SENI BUDAYA LOKAL, BATIK WARISAN BUDAYA TAKBENDA

0
2023

Berdasar pada dimensi dan elemen profil pelajar Pancasila dengan  mengangkat tema Kearifan Lokal,  maka  projek dengan topik  “Gelaran Seni Budaya Lokal  diharapkan dapat membuat para peserta didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah  serta perkembangannya. Peserta didik mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/ daerah berkembang seperti  yang ada konsep dan nilai – nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal serta merefleksikan nilai – nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka.

Setelah pelaksanaan P5 diharapkan peserta didik menyadari apa yang dapat mereka lakukan dan melakukan riset tentang budaya lokal dan tindakan pada tahap aksi . Pada tahap ini, peserta didik diharapkan dapat menerapkan apa yang telah mereka ketahui dan mencoba mencari solusi yang mungkin diaplikasikan yaitu dengan mengenali budaya lokal  dan merefleksikan nilai – nilai yang dapat diambil. Guru akan mendampingi dan mengevaluasi isi dari kegiatan aksi tersebut sebagai hasil akhir dari projek ini.

Peserta didik diharapkan dapat  mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan YME dengan membangun kesadaran peduli pada budaya lokal dengan mengeksplorasi budaya lokal dan merefleksikan nilai-nilai yang dapat diambil dan dapat membangun tim dan mewujudkan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Projek ini di dasarkan pada dimensi Profil Pelajar Pancasila yakni, Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Gotong royong, dan Bernalar kritis beserta subelemen yang dijabarkan.

Projek ke-3 kali ini menggali budaya lokal yang ada di sekitar sekolah, yaitu Batik Candi yang ada di desa Candimulyo, kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.

Kunjungan ke Batik Candi
Menggali informasi dari narasumber Batik Candi
Belajar mencanting bersama narasumber di Batik Candi
Belajar mewarnai batik
Persiapan membuat pola batik di aula sekolah
Pengarahan dari ibu wakil kepala sekolah urusan kurikulum sebagai ketua Projek
Pengarahan dari narasumber (Ibu Eli) dari Batik Candi
Proses mencanting di aula sekolah
Persiapan mewarnai kain yang telah dicanting
Proses menghilangkan canting setelah diwarnai
Bapak dan ibu guru juga memberikan contoh kepada peserta didik
Proses mengeringkan kain batik yang telah dihilangkan cantingnya

Gelar karya dari proses pelaksanaan P5 Projek ke-3 dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Mei 2023 di aula sekolah. Seluruh bapak ibu guru dan karyawan serta peserta didik kelas XI memberikan apresiasinya terhadap produk yang dihasilkan oleh seluruh kelompok semua kelas X Merdeka yang telah disiapkan di aula.

Dengan demikian, seluruh projek P5 di Fase E kelas X telah selesai dilaksanakan, selanjutnya akan dilaksanakan kembali di Fase F kelas XI dan XII

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY