Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) Tahun 2023 di SMAN 1 Dolopo

0
740

Selasa, 29 Agustus 2023

Ibu Dra. Juni Erliani (Seksi Kurikulum PPSMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur) didampingi Kepala Sekolah SMAN 1 Dolopo dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Melakukan Pengecekan Pelaksanaan ANBK

Madiun – Seksi Kurikulum Pembinaan Pendidikan Sekolah Menengah Atas (PPSMA) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Ibu Dra. Juni Erliani melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi pelaksanaan ANBK tahun 2023 di SMA Negeri 1 Dolopo.

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. AN merupakan metode untuk mengukur kelebihan dan kekurangan kinerja pembelajaran dan sistem Pendidikan yang sudah berjalan. Selain pelaksanaan ANBK bagi peserta didik, juga dilaksanakan Survei Lingkungan Belajar bagi Tenaga Pendidik dan Kepala/Ketua Satuan Pendidikan.

Pelaksanaan AN SMA Hari Kedua di Laboratorium MGMP
Pelaksanaan AN SMA Hari Kedua di Laboratorium Komputer 2

Pelaksanaan AN SMA hari kedua pada Selasa, 29 Agustus 2023 berjalan dengan lancar. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ibu Rindang Wahyu Wijayanti,S.Pd.,M.Pd. menyatakan, “Walau tadi di awal sempat mengalami sedikit gangguan untuk terkoneksi ke server pusat, namun tiga menit menjelang jadwal pelaksanaan yakni tepatnya pukul 07.27 token keluar dan AN berjalan dengan lancar sesuai jadwal.”

Dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan AN, Ibu Dra. Juni Erliani didampingi Kepala Sekolah SMAN 1 Dolopo dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum melakukan pengecekan ke tiga ruang laboratorium komputer yang digunakan untuk AN. Masing-masing ruang berisi lima belas (15) peserta didik yang masuk ke Daftar Nominasi Tetap (DNT) AN 2023.

Alhamdulillah, pelaksanaan AN Tahun 2023 berjalan dengan baik dan lancar. Semoga AN tahun ini dan selanjutnya memberikan hasil yang maksimal sehingga kualitas dan mutu pendidikan di satuan pendidikan semakin meningkat.

Foto Bersama Seksi Kurikulum Pembinaan Pendidikan Sekolah Menengah Atas (PPSMA) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Ibu Dra. Juni Erliani), Kepala SMAN 1 Dolopo (Bpk. Mahfud Efendi S.Pd., M.Pd.), Bpk. Anim Hadisusanto, M.Pd., Tim Kurikulum SMAN 1 Dolopo, dan pengawas ANBK Hari Kedua dari SMAN 1 Dagangan

(Rindang Wahyu Wijayanti)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY