Pelaksanaan ANBK 2023

0
341

Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kementerian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.Asesmen Kompetensi Minimum yang selanjutnya disingkat AKM adalah pengukuran kompetensi literasi membaca dan numerasi yang harus dimiliki oleh peserta didik.

Literasi Membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Survei Karakter adalah pengukuran karakter yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Survei Lingkungan Belajar yang selanjutnya disingkat Sulingjar adalah pengukuran aspek-aspek lingkungan Satuan Pendidikan yang berdampak pada proses dan hasil belajar peserta didik.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disingkat ANBK adalah asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semidaring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

Pelaksanaan ANBK SMAN 1 Dolopo

Pelaksanaan ANBK di SMA Negeri 1 Dolopo dilaksanakan pada gelombang 1 sesi 1. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, di hari pertama dilakukan asesmen literasi dan juga survey karakter, sedangkan di hari kedua dilaksanakan asesmen numerasi dan juga survey lingkungan belajar. 

Peserta didik yang mengikuti AN adalah peserta didik yang terpilih secara acak (random) di setiap Satuan Pendidikan dengan metode yang ditetapkan oleh Kementerian. Pada jenjang SMA/MA/SMK/MAK dan yang sederajat diikuti oleh maksimal 45 orang dan cadangan 5 orang. Pelaksanaan ANBK bertempat di Laboratorium MGMP, Laboratorium Komputer 1, dan di Laboratorium Komputer 3 SMAN 1 Dolopo.

ANBK berlangsung dengan tertib dan lancar.

Siswa Mengerjakan ANBK dengan Seksama

Tanggal Penting Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2023
1. 28 – 30 Juli 2023, Sinkronisasi Simulasi AN
2. 31 Juli – 3 Agustus 2023, Simulasi AN
3. 18 – 20 Agustus 2023, Sinkronisasi Gladi Bersih SMA/SMK sederajat
4. 21 – 24 Agustus 2023, Gladi Bersih SMA/SMK sederajat
5. 25 – 27 Agustus 2023, Sinkronisasi Pelaksanaan AN SMA/SMK sederajat
6. 28 – 31 Agustus 2023 Pelaksanaan AN SMA/SMK sederajat
(red)
Senin(28/08/2023)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY